Banjir merendam Dusun Remitan Desa Mangkung

Banjir merendam Dusun Remitan Desa Mangkung

Pada tangal 31 Januari 2021 dini hari tadi,sedikitnya ada tiga Dusun di Desa mangkung kecamatan praya barat,Kabupaten Lombok Tengah terendam bajir, yaitu Dusun Remitan,dusun telok dan Dusun batusamban, Namun yan terparah adalah Dusun Remitan.Menurut warga sekitar air mulai naik sekitar jam 9 malam hingga puncaknya pada jam 1 malam tadi.
Banjir ini disebabkan oleh hujan deras pada hari sabtu siang sampe hari ini.Akibatnya sungai yang ada di dekat Dusun Remitan meluap dan masuk ke perumahan warga.pada titik tertentu di Dusun remitan airnya cukup tinggi yaitu sekitar tinggi badan orang dewasa. Namun sayangnya warga sekitar kurang cepat untuk mengugsi karena tidak ada tanda- tanda banjir akan datang sehingga untuk proses pengungsia dan penyelamatan barang- barang bergharga kurang maksimal.

Akibat dari banjir ini adalah tidak adanya akses jalan darin Dusun ke telok ke Dusun Remitan,mengingat di tengah2 kali ada jembatan penghubung kedua dusun ini.Jembatan ini merupak satu- satunya jalan alternatif bagi warga Desa remitan untuk melakukan aktifitas di luar rumah,seperti ke sekolah, kerja dan untuk membei bahan- bahan makanan. Walaupun,ada satu jalan lagi untuk bisa keluar dari Dusun akan tetapi jalan ini sangat jauh dan memakann banyk waktu. Sehingga jembatan merupakan satu- satunya jalan alternatif.
Menurut warga sekitar ini merupakan banjir terbesar selama beberapa tahun terakhir.Ditambah lagi banjir terjadi pada malam hari sehingga proses pengungsian dan penyelamatan barang- barang kurang maksimal. Akibatnya ada beberapa warga yang barang berharga mereka ikut terseret air,seperti kambing warga hingga berugak. ( Ayucahyanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *