Dampak Ekonomi Akibat Pembangunan Sirkuit Motogp Mandalika Untuk Masyarakat Lombok Tengah

Dampak Ekonomi Akibat Pembangunan Sirkuit Motogp Mandalika Untuk Masyarakat Lombok Tengah

ayu

Oleh Ayuwarni Cahyanti Mahasiswi Fakultas Ekonomi Program studi Ekonomi islam Universitas Nahdlatul Ulama NTB

 

 

Madanitvlombok.com| Tahun 2020 bagi sebagian masyarakat indonesia merupakan tahun yang penuh dengan ujian dan cobaan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya salah satu ujian terberat masyarakat indonesia pada saat ni adalah dengan adanya pandemi wabah virus covid 19 atau yang biasa kita sebut virus corona. Terhitung 9 bulan sejak bulan maret hingga bulan ini, Sampai detik ini belum ada titik terang dari pemerintah kapan wabah covid 19 ini akan berakhir, sehingga masyarakat berharap sepenuhnya kepada penerintah untuk bisa menyelesaikan permaslahan terkait dengan virus covid 19.
Di tahun 2020 ini juga selain menjadi tahun yang penuh ujian dan cobaan, masyarakat indonseia diberikan kabar gembira yang dimana kabar gembira tersebut adalah terpilihnya indonesia secara resmi untuk menjadi tuan rumah ajang balap motor paling bergengsi yaitu MotoGP 2021 mendatang. Wacana penyelenggaraan ajang balap MotorGP di Indonesia ini sendiri sudah beredar cukup lama. Terakhir kali Indonesia menjadi tuan rumah MotorGP pada tahun 1997. Seperti yang diungkapkan BISNIS.COM dalam kutipannya bahwasanya sempat beredar bahwa sirkuit sentul yang ada di Bogor di Jawa Barat akan kembali digunakan untuk ajang motogp pada tahun 2017, akan tetap hal tersebut tidak terealisasi. Kali ini Indonesia Taurism Development Corporation ( ITDC ) telah menekan kesepakan dengan dengan Dorma, Promotor MotoGP dan Word Superbike, sehingga dapat dipastikan jika dua kompeteisi tersebut akan digekas di Indonesia.
Adalah Kawasan Ekonomi Khusus( KEK ) Mandalika, Lombok Tengah, NTB yang disiapkan pemerinan untuk menjadi lokasi balapan tersebut. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggaara Barat memastikan bahwa pembanguan sirkuit MotorGP di Mandalika berjalan sesuai dngan rencana. Seperti yang diungkapkan kepala biro humas NTB Najamuddin Amy. “ sejumlah persiapan sedang dilakukan seperti penyiapanpembanguna rumah sakit internasional, jalan penghubung, infrastruktur penunjang serta penjualan tiket online”.
Pemerintah Nusa Tenggaara Barat berharap banyak kepada masyarakat khsusnya masyarakat Lombok Tengah untuk memberikan dukungan penuh terhadap pemerintah agar pembangunan sirkuit MotoGP berjalan dengan lancar.
Pemerimntah Nusa Tenggaara Barat sangat optimis dengan adanya pembanguan sirkuit MotorGP akan memberikan dampak positip bagi masyarakat. Seperti kutipan BISNIS.COM dalam tulisannya mengatakan bahwa Wakil Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri memprediksi bahwa akan banyak dampak positip yang di dapatkan oleh masyarkat di daerahnya. “makin banyak orang datang, makin banyak orang menginap dan berbelanja hal itu akan memicu pergerakan ekonomi Lombok Tengah menjadi lebih baik dan meningkat”. Selain Itu Kepala Dinas Parawisata Nusa Tenggara Barat Lalu Mohamad Fauzal mengakui bahwa keuntungan yang didapatkan dari penyelenggaraan MotoGP akan sangat banyak, mulai dari hotel, tempat-tempat wisata dan oleh-oleh akan tetapi untuk keuntungan secara detailnya kepala dinas pariwisata Nusa Tenggara Barat tidak bisa menyebutkan secara detail.
Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya masayarakata lombok tengah bisa dengan membuka lapak- lapak kecil untuk menjual berbagai jenis barang dagangan.Masyarakat bisa menjual hasil kerajinn tangan seperti gelang,kalung,hiasan- hiasan rumah,kain- kain hasil tenunan dan sebagainya.Dengan begini, masyarakat tidak hanya menambah perekonomian,Namun secara tidak langsung mengenalkan budaya dan kerajinan lokal pulau lombok. Dan secara tidak langsung juga masayarakat bisa menerapkan prinsip ekonomi islam dalam berjualan.Dengan cara menjual produk lokal yang halal dan produk –produk yang jelas kualitasnya.
Seingga dapat di simpulkan bahwasanya dengan pembangunan serta penyelanggaran balap motor paling bergegsi didunia yaitu motogp di Mandalika Lombok Tengah akan memberikn dampak positif sehingga masyarakat Nusa Tenggara Barat khusunya Lombok Tengah dapat hidup lebih sejahtera lagi di masa pandemi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *