Anyaman Bilik Dari Bambu

Anyaman Bilik Dari Bambu

 

“Oleh Ayuwarni Cahyanti Mahasiswi Fakultas Ekonomi Program studi Ekonomi Islam Universitas Nahdlatul Ulama NTB”

 

 MadaniTvlombok.vom| Bambu, sebagai tanaman khas yang tumbuh subur di Indonesia, memiliki banyak kegunaan dan manfaat.Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Dusun bagek nur, Desa bonder lombok tengah, mereka menfaatkan bambu menjadi sumber perekonomian keluarga.Mereka menganyam bambu menjadi bilik yang biasa digunakan menjadi dinding rumah pada zaman dulu.
Ibu japar salah seorang pengrajin penganyam pembuatan bilik bambu adalah salah satu orang yang masih tetap istiqomah untuk membuat bilik bambu.kerajinan anyaman bilik bambu ini biasanya dijual dengan harga 40-50 ribu perbiji dengan panjang pada umumnnya adalah 3× 2,5 m.
Ibu japar menuturkan bahwa menganyam bambu adalah usaha yang bisa dilakukan atau dikerjakan di rumah terlebih lagi pada masa pandemi seperti sekarang ini. Tidak ada ambisi lain selain untuk meneruskan atau mempertahankan produk daerah.

Untuk proses awal pembuatannya adalah pertama, ibu japar dan suami membeli bambu dari warga sekitar atau dari tetangga- tetangga di sekitar rumahnya yang kebetulan rata- rata memiliki kebun bambu. Ibu dan bapak japar membeli bambu dengan harga 5- 10 ribu perbiji, tergantung dari ukuran besar kecilnya bambu. Bambu kemudia di rapikan agar bentuk dan ukurannya lebih rata. Setelah itu, bambu kemudian dibelah dan disayat sehingga bisa menjadi lembaran yang tipis. Lembaran bambu ini kemudian di jemur sampai kering.‘ Biasanya bisa satu hari atau tergantung cuaca”.Ujar ibu japar. Setelah kering , baru lembaran ini dianyam oleh ibu japar sedangkan untuk pemotongan dan penyayatan dilakukan oleh bapak japar sendiri.
Dalam sehari ibu japar bisa membuat 1 sampai 2 lembar bilik bambu dengan ukuran 3 kali 2,5 m.Jika sudah jadi, bilik bambu ini kemuadian digulung lalu di pajang dipinggir jalan untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu, para konsumen juga biasanya memesan terlebih dahulu bilik bambu kepada ibu japar sehingga ibu japar bisa menyeleseikan pesanan dengan tepat waktu.
Konsumen juga bisa memesan sendiri ukuran panjang dan lebarnya bilik sesuai dengan kebutuhan.Ada 2 macam bilik bambu yang pertama adalah bilik bambu biasa yang dibuat dari lembaran- lembaran tipis bambu,dan yang kedua adalah bilik bambu yang dibuat dari kulit bambu itu sendiri.Namun, untuk bilik dari kulit bambu biasanya harus dipesan terlebih dahulu karena untuk kulit bambu ibu japar harus mengumpulkannya terlebih dahulu. Untuk harganya sudah tentu berbeda dengan bilik bambu yang biasa, dari segi pembuatannya lumayan lama dikarenakan kulit bambu cukup keras tidak seperti lembaran tipis bambu yang sudah disayat.Untuk harga bilik dari kulit bambu biasanya dari 100 sampai 150 per biji.
Pada waktu sekarang ini,walaupun sudah jarang kita temukan rumah dengan dinding dari bilik bambu,namun masyarakat biasanya menggunakan bilik bambu untuk dijadikan sebagai langit – langit rumah karena lebih efisien dan ramah lingkungan. Namun pada saat ini,tidak jarang kita temukan rumah- rumah makan menggunakan bilik bambu sebagai dinding- dindingnya dengan dikereasikan se unik mungkin sehingga bisa memperlihatkan nilai seninya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *